RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/
Semester : V/1 (Satu)
Tema/
Subtema/ PB : Benda-benda di
Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/4
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (2
x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan
waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan
budaya
dalam lingkup nasional
3.1.1 Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber
yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang
mengenai aktivitas dan perubahan
kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas
antar-ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup
nasional
MATEMATIKA
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan
(pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan
pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.2.1
Mengenal operasi perkalian berbagai
bentuk pecahan
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai
hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.8.1 Melakukan
operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.
PKN
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
3.6.1
Mengidentifikasi kebutuhan hidup
bertetangga
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
kebutuhan nasional
4.6.1 Mendaftar
asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan
guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata
baku
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan
tentang alam dan pengaruh kegiatan
manusia
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.1.1 Menuliskan
contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui
pengamatan,
misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.
4.1.1 Melakukan pembiasaan cara menghemat air.
C. Tujuan Pembelajaran.
• Dengan mengamati gambar, siswa
menemukan contoh perubahan lingkungan
yang disebabkan perilaku manusia dengan penuh percaya
diri.
• Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak
negatif penggunaan
Pestisida dengan penuh
rasa ingin tahu
• Dengan studi pustaka, siswa
menemukan informasi dan data dari berbagai sumber
referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai
pencemaran yang
mengakibatkan perubahan alam secara dengan penuh rasa percaya diri.
• Dengan eskplorasi, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang
menyebabkan perubahan alam secara penuh rasa peduli lingkungan.
• Dengan diskusi, siswa
mengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia
dari waktu ke waktu dengan penuh rasa ingin tahu.
• Dengan membaca, siswa menemukan
contoh-contoh budaya Indonesia yang
mulai luntur dengan penuh rasa ingin tahu.
•
Dengan berlatih, siswa melakukan operasi perkalian pecahan desimal secara
penuh rasa percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1.
Aktivitas
kehidupan manusia dan perubahannya
2.
Operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.
3.
kebutuhan hidup bertetangga
4.
Alam
dan pengaruh kegiatan
manusia
5.
Pengaruh
penggunaan bahan kimia pada lingkungan
6.
Cara
menghemat air
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan
2.
Pendekatan : saintifik [mengamati,
menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar orang membuang sampah di sungai, lagu
2.
Alat : -
3.
Sumber belajar :
Maryanto, dkk.
2014. Buku Siswa Kelas V Tema I
“Benda-benda di Lingkungan Sekitar”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin
salah satu siswa.
2.
Guru menyampaikan tema dan
subtema yang akan dipelajari.
3.
Memotivasi
siswa untuk terlibat aktiv dalam pemecahan masalah
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang
menunjukkan perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan. [Mengamati]
2.
Siswa berdiskusi dengan teman
sebangku tentang gambar tersebut. [mengamati, menalar]
3.
Siswa menjawab pertanyaan pada
buku siswa sesuai hasil pengamatan. [Mengkomunikasikan]
4.
Guru melakukan penilaian
menggunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5.
Siswa diminta membaca teks yang
berjudul dampak negatif penggunaan pestisida dalam hati selama 5 menit. [mengamati, menanya]
6. Selesai membaca siswa diminta untuk menggali imformasi dari bacaan
berdasarkan pertanyaan –pertanyaan pada buku siswa secara mandiri. [menalar, mengkomunikasikan]
7. Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
8. Siswa diminta untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan disekitar
tempat tinggalnya yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan .[menalar, mengkomunikasikan]
9.
Selesai melakukan kegiatan
mengidentifikasi siswa diminta untuk mengamati gambar dan menjelaskan
keterkaitan antara prilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam [mengamati, mengidintifikasi]
10.
Selesai membaca, siswa
menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan tidak baku yang terdapat pada
bacaan. [mengamati, menanya, mencoba,
menalar, mengkomunikasikan]
11.
Siswa membentuk kelompok
beranggotakan 4 orang dan berdiskusi untuk mengidentifikasi perubahan prilaku manusia dari waktu ke
waktu. [mengamati, menanya, mencoba,
menalar, mengkomunikasikan]
12.
Siswa diminta mengamati
kehidupan bertetangga didaerah tempat tinggalnya (Mengamati )
13.
Guru memberikan penjelasan cara
melakukan operasi perkalian sebagai bentuk pecahan ( mencoba )
14.
Siswa diminta mengerjakan soal
latihan perkalian dalam bentuk pecahan secara mandiri (mencoba, menalar, mengkominikasikan)
|
25 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat
kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa,
campuran, desimal dan persen.
2.
Siswa bersama guru melakukan
refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.
Siswa memimpin doa di akhir
pembelajaran.
|
5 Menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu,
percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
tertulis
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk
kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Apakah
Pestisida itu ?
2.
Apa saja
dampak negatif yang ditimbulkan oleh pestisida ?
3.
Sebutkan
contoh kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar ?
4.
Apa dampak
yang di timbulkan dari penebangan secara liar ?
5.
Mengapa
kita harus saling memenuhi kebutuhan hidup dalam beertetangga ?
3.
Penilaian Keterampilan
4.
Rubrik Menjawab pertanyaan Berdasarkan
Pengamatan Gambar
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamati
|
Keseluruhan jawaban
yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar
mengelompokkan jawaban
|
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
Sebagian besar jawaban
yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar
benar dalam mengelompokkan jawaban
|
Hanya sebagian
keciljawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya
sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
||
Penggunaan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan
penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
|
||
Sikap:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam
pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam
bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang sangat baik
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
|
||
Keterampilan Penulisan:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik
|
Keseluruhan hasil
penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
|
Keseluruhan hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang baik
|
Sebagian besar hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang terus berkembang
|
Hanya sebagian kecil
hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan
|
||
Rubrik Riset dan Studi Pustaka :
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan berbagai seni kerajinan topeng
•
Keterampilan menggali dan menyajikan informasi melalui riset dan studi pustaka
•
Kecermatan dan ketelitian dalam menggali informasi
Kategori
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pengorganisasian
|
Informasi tersusun
dengan sangat sistematis.
|
Informasi tersusun
dengan sistematis
|
Informasi tersusun
dengan cukup sistematis
|
Informasi masih kurang
tersusun dengan sistematis sehingga masih perlu bimbingan
|
Kuantitas/
Kapasitas
Informasi
|
Semua topik yang harus
dicari dan dikembangkan terjawab dan tertulis dengan sangat baik dan sangat
jelas
|
Semua topik yang harus
dicari dan dikembangkan terjawab dan tertulis dengan baik dan jelas
|
Ada beberapa (1-2) topik
yang masih harus dicari dan dikembangkan dan belum terjawab dengan baik dan
jelas
|
. Kebanyakan dari topik
yang masih harus dicari dan dikembangkan belum terjawab dengan baik dan
jelas sehingga masih sangat perlu bimbingan
|
Kualitas
Informasi
|
Kualitas informasi dan
gambar dikemas sangat jelas dan sangat berhubungan dengan topik yang
dipelajari
|
Kualitas informasi dan
gambar dikemas jelas dan berhubungan dengan topik yang dipelajari
|
Kualitas informasi dan
gambar dikemas cukup jelas dan cukup berhubungan dengan topik yang
dipelajari
|
Kualitas informasi dan
gambar dikemas kurang jelas dan belum menciptakan hubungan dengan topik yang
dipelajari
|
Sumber
|
Menggunakan sumber
pustaka sebanyak 5 atau 4 sumber dengan kualitas nara sumber yang sangat
akurat dan sangat relevan
|
Menggunakan sumber pustaka
minimal 3 atau 2 sumber dengan kualitas nara sumber yang akurat dan relevan
|
Menggunakan sumber pustaka
minimal 2 atau 1 sumber dengan kualitas nara sumber yang cukup akurat dan
cukup relevan
|
Menggunakan sumber
pustaka hanya 1 sumber dengan kualitas nara sumber yang tidak akurat dan
tidak relevan
|
Lagu
“TEKA TEKI”
TEKA
TEKI
Ada sebuah
benda
Slalu menunjuk
saja
Tidak berkaki
tidak bertangan
Tetapi dapat
berjalan
Kikuk...kikuk...kikuk
kikuk kikuk
Tidak pernah
berhenti
Kadang kala
berbunyi
Setiap masa
sehari-hari
Slalu
mengingati hari
|
No comments:
Post a Comment