Untuk para pengajar yang sedang mencari RPP ataupun mahasiswa sedang mencari RPP, ini adalah contoh RPP yang anda cari.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Kelas/ Semester : V/1 (Satu)
Kelas/ Semester : V/1 (Satu)
Tema/
Subtema/ PB : Benda-benda di
Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/4
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (2
x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan
waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan
budaya
dalam lingkup nasional
3.1.1 Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber
yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang
mengenai aktivitas dan perubahan
kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas
antar-ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup
nasional
MATEMATIKA
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan
(pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan
pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.2.1
Mengenal operasi perkalian berbagai
bentuk pecahan
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai
hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.8.1 Melakukan
operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.
PKN
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
3.6.1
Mengidentifikasi kebutuhan hidup
bertetangga
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
kebutuhan nasional
4.6.1 Mendaftar
asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan
guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata
baku
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan
tentang alam dan pengaruh kegiatan
manusia
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.1.1 Menuliskan
contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui
pengamatan,
misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.
4.1.1 Melakukan pembiasaan cara menghemat air.
C. Tujuan Pembelajaran.
• Dengan mengamati gambar, siswa
menemukan contoh perubahan lingkungan
yang disebabkan perilaku manusia dengan penuh percaya
diri.
• Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak
negatif penggunaan
Pestisida dengan penuh
rasa ingin tahu
• Dengan studi pustaka, siswa
menemukan informasi dan data dari berbagai sumber
referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai
pencemaran yang
mengakibatkan perubahan alam secara dengan penuh rasa percaya diri.
• Dengan eskplorasi, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang
menyebabkan perubahan alam secara penuh rasa peduli lingkungan.
• Dengan diskusi, siswa
mengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia
dari waktu ke waktu dengan penuh rasa ingin tahu.
• Dengan membaca, siswa menemukan
contoh-contoh budaya Indonesia yang
mulai luntur dengan penuh rasa ingin tahu.
•
Dengan berlatih, siswa melakukan operasi perkalian pecahan desimal secara
penuh rasa percaya diri.
No comments:
Post a Comment