Monday, January 4, 2016

RPP CONTOH RNCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Untuk para pengajar yang sedang mencari RPP ataupun mahasiswa sedang mencari RPP, ini adalah contoh RPP yang anda cari. 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan          : 
Kelas/ Semester               : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB       : Benda-benda di Lingkungan Sekitar/Wujud Benda dan Cirinya/4
Alokasi Waktu                   : 1 x Pertemuan (2 x 35 Menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
IPS

3.1   Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
         dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan
         budaya dalam lingkup nasional
       3.1.1  Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
                  sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
4.1   Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia   
         dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam  
         kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
         sumber-sumber yang tersedia
       4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan
                 kehidupan  manusia dalam ruang, konektivitas antar-ruang dan waktu serta dan    
                 keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup    
                 nasional
MATEMATIKA

3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
      3.2.1 Mengenal operasi perkalian berbagai bentuk pecahan
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
      4.8.1 Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.


PKN

3.6  Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
       3.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan hidup bertetangga
4.6  Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan
 kebutuhan nasional
       4.6.1 Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah

BAHASA INDONESIA

3.1   Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
        manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan
        guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
        baku
       3.1.1  Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan
            manusia




4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai
makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  dengan memilih dan memilah kosakata baku
  4.1.1 Menuliskan contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui
            pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.
         4.1.1 Melakukan pembiasaan cara menghemat air.

C.      Tujuan Pembelajaran.

• Dengan mengamati gambar, siswa menemukan contoh perubahan lingkungan
   yang disebabkan perilaku manusia  dengan penuh percaya diri.
• Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif penggunaan
   Pestisida dengan penuh rasa ingin tahu
• Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi dan data dari berbagai sumber
   referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang  
   mengakibatkan perubahan alam secara dengan penuh rasa percaya diri.
• Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang
   menyebabkan perubahan alam secara penuh rasa peduli lingkungan.
• Dengan diskusi, siswa mengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia
   dari waktu ke waktu dengan penuh rasa ingin tahu.
• Dengan membaca, siswa menemukan contoh-contoh budaya Indonesia yang
   mulai luntur dengan penuh rasa ingin tahu.
• Dengan berlatih, siswa melakukan operasi perkalian pecahan desimal secara
   penuh rasa percaya diri.



Adsense Indonesia

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Featured Post

Tips Mengatasi Overheating pada Smartphone